25 September 2008

Sistem KLPT Baru

Jumlah kelulusan yang cukup tinggi pada tes EPS-KLPT lalu mengakibatkan calon tenaga kerja asing (termasuk dari Indonesia) menumpuk menanti proses keberangkatan ke Korea. Kondisi ini merupakan kondisi yang tidak sehat, mengingat besarnya harapan para calon tenaga kerja untuk berangkat tidak sebanding dengan terbatasnya proses pemberangkatan.

Dari kondisi ini, Depnaker (Nodongbu) Korea berencana melakukan beberapa perubahan teknis, salah satunya terkait Ujian Kemampun Bahasa Korea. Rencana perubahan tersebut di antaranya, penyelenggara ujian yang nantinya tidak akan diselenggarakan oleh Lembaga KLPT, melainkan ditangani langsung oleh Nodongbu. Departemen ini melalui HRD Korea sebagai penyelenggara teknis nantinya bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain seperti universitas-universitas di Indonesia.

Selain itu, yang cukup signifikan adalah rencana perubahan sistem evaluasi ujian kemampuan bahasa korea. Sebelumnya, seperti diketahui menggunakan sistem penilaian mutlak yang menentukan kelulusan dengan batas nilai terendah. Namun dengan sistem baru ini jumlah calon tenaga kerja yang lulus tidak dapat diprediksi. Sedangkan rencana sistem baru yang akan digunakan adalah evaluasi relatif, di mana jumlah kelulusan akan disesuaikan dengan jumlah calon tenaga kerja yang dibutuhkan. Hasil kelulusan diperoleh dengan mengurutkan hasil nilai peserta dari nilai tertinggi.

Sistem baru yang relatif ini tidak mendasarkan nilai untuk menentukan seorang peserta lulus atau tidak. Bisa saja peserta yang mendapat nilai baik dinyatakan tidak lulus karena jumlah kelulusan yang ditentukan sudah terpenuhi atau sebaliknya. Selain itu, sistem penilaian relatif akan memacu peserta untuk saling berkompetisi dalam ujian.

Sekali lagi, ujian kemampuan bahasa Korea hanya salah satu syarat untuk menjadi tenaga kerja asing di Korea. Dengan penggunaan sistem penilaian relatif ini, Nodongbu berharap mendapatkan tingkat kelulusan yang sesuai dengan jumlah ebutuhan tenaga kerja asing yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di Korea.

Sumber : HRD Korea


Related Posts by Categories



27 komentar:

  1. kabar gembira bagi para peminat untuk ke Korea atau yg mau mendaftar jadi TKI korea dan juga yg suka belajar bahasa Korea, ternyata test uji kemampuan bahasa Korea atau yg di kenal sebelum nya adalah KLPT dan sekarang sudah di rubah menjadi KLT untuk program G to G antara pemerintah Indonesia dan Korea tentang penempatan calon TKI ke Korea, pada bulan Oktober 2008 lalu, BNP2TKI telah mengumumkan bahwa pada akhir bulan November 2008 nanti akan diadakan test KLT atau Korean Language Test untuk program EPS-KLT yang sudah lama dinanti-nantikan oleh para CTKI. dan KLPT sudah tidak lagi menangani masalah uji kemampuan ini.




    bagi yang berminat untuk ikut maka bisa mendaftarkan diri ke kantor Dinas Tenaga Kerja atau Disnaker Kota masing-masing dengan sistem pendaftaran melalui finger print, atau dengan menggunakan sistem sidik jari.




    dan juga tanggal pelaksanaannya akan di beritahukan selanjutnya.




    jadi persiapkanlah mulai dari sekarang untuk kembali membuka buku pelajaran bahasa Korea yang sudah di pelajari, atau buruan daftar ke lembaga-lembaga yang benar-benar terakreditasi untuk bisa memberikan pendidikan bahasa Korea dengan baik.




    bahan belajar dan bahan kajian serta contoh soal yang akan di ujikan pada test KLT 2008 nanti bisa di download langsung di situs Bnp2tki. yaitu http://www.bnp2tki.go.id/




    jangan pernah percaya terhadap orang yg bisa meluluskan diri anda dalam test KLT nanti, hanya hasil usaha anda dalam menjalani test itu lah yang bisa membuat anda lulus. jadi kerja keras dan berusahalah dari sekarang.




    kurang percaya dengan info ini segera hubungi bnp2tki.




    sekali lagi test KLT 2008 akan di laksanakan pada akhir bulan November 2008 sekarang dan namanya bukan KLPT lagi.. jadi buruan daftar...........

    BalasHapus
  2. nih lihat review nya

    Rabu, 08 Oktober 2008
    Pengumuman Employment Permit System -Korean Language Test (EPS- KLT)
    Nomor: B. 1035/PEN-PPP/X/2008

    Diberitahukan kepada Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) yang berminat bekerja ke Korea program G to G, bahwa direncanakan pada akhir bulan November 2008 akan diadakan Tes Kemampuan Bahasa Korea/Korean Language Test (KLT). Waktu dan tempat pelaksanaan tes akan diberitahukan kemudian.

    Sehubungan dengan hal tersebut, diminta kepada CTKI memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

    1. CTKI dapat mempersiapkan diri (menguasai bahasa Korea, reading & writing) dengan belajar/mengikuti kursus di lembaga bahasa yang terdaftar dan berkualitas, sehingga hasil tes bahasa Korea yang nantinya akan diikuti diharapkan akan mendapatkan nilai yang maksimal.
    2. Sebelum pelaksanaan tes bahasa Korea akan dilakukan tes fisik (medical check up awal) dan seleksi administrasi.
    3. Pendataan awal akan dilaksanakan di BP3TKI/P4TKI/Dinas Tenaga Kerja Propinsi di daerah masing-masing dan akan dilaksanakan pendataan dengan sistem finger print untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
    4. CTKI yang akan mengikuti EPS-KLT diharapkan membekali diri dengan kesiapan fisik, administrasi, dan kemampuan bekerja di luar negeri.

    Mengingat adanya perubahan standardisasi cara penilaian hasil kelulusan yang baru, diharapkan CTKI dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya.
    Demikian untuk diketahui dan menjadi perhatian.


    Jakarta, 7 Oktober 2008

    Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah

    Ttd

    Drs Wayan Mandi MM
    NIP 130514957


    Tembusan kepada:

    1. Kepala BNP2TKI (sebagai laporan);
    2. Deputi Bidang Penempatan;
    3. Kepala BP3TKI seluruh Indonesia;
    4. Kepala P4TKI seluruh Indonesia;
    5. Arsip.

    BalasHapus
  3. apa harus punya pasport dulu sebelum ikut tes eps kpt???????????????????????????????????????????????????

    BalasHapus
  4. mas bnp2tki tolong bantuanya daerah ponorogo belum disosilisasikan masalah syarat terbaru yang harus dipenuhi sebelum tes?????

    BalasHapus
  5. BERDASARKAN WACANA DIATAS SAYA MENGAMBIL KESIMPULAN BAHWA JIKA ADA UJIAN KLPT DISELENGGARAKAN KEMBALI MAKA TINGKAT KESULITAN SOAL AKAN JAUH LEBIH SULIT DARI TAHUN2 SEBELUMNYA. NILAI KELULUSAN 120 POINT KEATAS TIDAK MENJADI PATOKAN, NAMUN NODONGBU MEMAKAI SISTEM STANDARD DEVIASI NILAI YANG MANA NILAI-NILAI YANG PALING TINGGILAH YANG AKAN LULUS DALAM UJI KOMPETENSI BAHASA KOREA INI. YANG LEBIH MENJADI TANDATANYA SAYA SEBERAPA BESAR KOMITMEN BNP2TKI BISA BERSIKAP JURDIL DALAM HAL SENDING DOKUMEN, MENGINGAT JUMLAH TENAGA KERJA YANG DIBUTUHKAN DIKOREA KINI SEMAKIN SEDIKIT KARENA TELAH TERPENUHINYA PADA TAHUN2 SEBELUMNYA DAN KONTRAK KERJA YANG DIPERPANJANG S/D 5 TAHUN. DAN YANG MENJADI BENAK PERTANYAAN KITA SEMUA ADALAH KAPAN KOREAN LANGUAGE PROFICIENCY TEST 2008 AKAN DIADAKAN, MENGINGAT BNP2TKI TELAH DENGAN RESMI MENGUMUMKAN BAHWA TEST AKHIR NOVEMBER SEDANGKAN BIASANYA PENDAFTARAN DIBUKA SEBELUMNYA TAPI INI BELUM SAMA SEKALI, DAN ANEHNYA DI SITUS RESMINYA www.klpt.org/indonesia TEST AKAN DIADAKAN SEKITAR FEBRUARI 2009 DAN PENDAFTARAN DESEMBER 2008. JADI SAYA PIKIR INFO DARI BNP2TKI TERSEBUT TIDAK VALID DAN PERLU DIKOREKSI, BAHWA PERNYATAAN ANDA ITU BISA MEMPENGARUHI TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT KEPADA ANDA (BNP2TKI). TAPI SAYA SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK TETAP MENDUKUNG PEMERINTAH UNTUK TETAP KONSISTEN MENYELENGGARAKAN PROGRAM G TO G INI APAPUN SYARATNYA YANG TERPENTING ADALAH KESERIUSAN ATAU ADA REALISASI YANG KONTINYU DALAM HAL PROGRAM INI DAN HAL YANG PALING PENTING ADALAH KEJUJURAN, KEADILAN DAN TANGGUNGJAWAB YANG HARUS DIEMBAN SALAM SETIAP KERJA BAPAK-BAPAK BNP2TKI. TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  6. kapan sich sebenarnya test klpt dilaksanakan///////////////////

    BalasHapus
  7. DIMANA SEBERNAR NYA TEST KLT DI SELENGGARAKAN

    BalasHapus
  8. Setelah ujian,kapan CTKI diberangkatkan?

    BalasHapus
  9. KAPAN DAN YANG PASTI TES KLPT DI LAKSANAKAN

    BalasHapus
  10. asyik...........! da lama aku tunggu ternyata ai umumkan juga kapan tesnya, walawpun masih wacana,tapi stidaknya dah melegahkan pikiranku,mudah2han ga di undur2 lgi awal tahun tar jdi tesnya

    BalasHapus
  11. jo angel angel yo pak soal2 e ngko ndak mumet

    BalasHapus
  12. Wah,,,, aku ko bingung yach, dengan kabar2 di madia. sebenernya tgl 5 january 2009 itu ada pendaftaran nggak sich, truz daftarnya dmn? soale kabar dari UNAIR belum ada info tentang pendaftaran eps klt. mohon penjelasannya

    BalasHapus
  13. mulailah transparan dengan informasi2 yang diadakan bnp2tki, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui siapa dan bagaimana cara proses di bnp2tki. Selama ini yang telah beredar adalah informasi proses keberangkatan dari PJTKI. Mohon diperluas sosialisasinya.

    BalasHapus
  14. Hari ini tertanggal 13 januari 2009, saya datang ke bnp2tki bermaksud mencari informasi tentang keberangkatan ke New Zealand, tapi setelah menunggu lebih dari 1,5 jam tidak ada satupun petugas yang menangani dengan alasan orang spesialisnya sedang rapat. Tidak adakah salah seorang diantara petugas bnp2tki yang bisa menangani atau memberikan sekedar informasi tanpa harus menunggu pak Teguh (beliau petugas khususnya)selesai dari rapatnya. Karena rapat tidak melibatkan seluruh staffnya????? Terimakasih

    BalasHapus
  15. BNP2TKI paling sukses menipu masyarakat

    BalasHapus
  16. Di manakah saya harus mencari tahu informasi tentang peluang kerja bagi WNI untuk bekerja keluarga negeri?.... tlg di infomasikan ya pak ke amail saya
    taufiqhidayat@yahoo.co.id
    terima kasih.

    BalasHapus
  17. ampe tua nunggu KLPT gak dateng2....
    bosen dech nunggu terus, sabar ya sbar, tapi sabar ada batasnya bung...

    BalasHapus
  18. pada test KLT 2009 banyak kecurangan dan para pengawas ikut terlibat didalamnya. himbauan kepda pengawas agar bertindak sportif.

    BalasHapus
  19. bener tuh terutama yang disolo dan dijakarta kasihan yag test2 bener2 ga bisa masuk karena kalah poin sama yang pakai joki.....masak bisa ngatur kelas ga mungkin kalo orang2 dari bnp2tki ga terlibat...

    BalasHapus
  20. mau belajar korea klpt gratis hub mr kim 085216362104

    BalasHapus
  21. kapan ya tes klpt 2010 diadakan??!!!!!!!!!

    BalasHapus
  22. kapan sich tes klt 2010 akan di laksanakan lagi

    BalasHapus
  23. mohon informasi kapan diadakan tes KLPT tahun 2010? dari kawansetia@yahoo.com

    BalasHapus
  24. kapan diadakan tes korea tahun 2012

    BalasHapus

Usul, Saran, Komentar & Pertanyaan